4 Cara Agar Terhindar dari Penipuan Sedekah Online

4 Cara Agar Terhindar dari Penipuan Sedekah Online

Hati-hati! Di balik kemudahan sedekah online, ada oknum-oknum nakal yang menggunakannya untuk penipuan. Tapi, tak perlu khawatir. Berikut ini cara agar terhindar dari penipuan sedekah online.

amalabadi.orgAdanya lembaga sedekah online memudahkan kita untuk beramal, kapan pun dan dimana pun dengan cepat. Tapi, hati-hati, ada saja oknum yang melakukan penipuan sedekah online.

Sahabat perlu berhati-hati ketika ingin bersedekah online. Jangan sampai, karena terbawa rasa iba malah jadi terkena penipuan sedekah online.

Baca juga: Hukum Sedekah Subuh Online, Sah atau Tidak?

Berikut ini cara agar terhindar dari penipuan sedekah online.

1. Cek Media Sosial Penggalang Dana

Penipuan sedekah online ini mungkin beredar di berbagai media sosial, seperti Whatsapp, Instagram, Facebook, dan sebagainya.

Cek akun media sosial lembaga atau individu penggalang dana. Apakah sudah ada program donasi sebelumnya dan sejak kapan akun tersebut dibuat.

2. Pastikan Lembaga Penggalang Dana Kredibel

Lembaga penggalangan dana yang kredibel dan terpercaya memiliki akta pendirian yayasan dan tercantum di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Republik Indonesia.

Contohnya akta pendirian yayasan bisa lihat DI SINI.

Jadi, pastikan bahwa lembaga penggalang dana yang menyebarkan campaign sedekah online memiliki dasar hukum yang jelas.

3. Lihat Dokumentasi Pendukung

Jika penggalang dana terpercaya, pasti sudah ada laporan penyaluran dari program-program donasi sebelumnya. Dokumentasi tersebut dapat berupa foto dan cerita penyaluran.

Karena itulah, lihat apakah ada laporan penyaluran dari program sebelumnya. Perhatikan juga, kemana sedekah online disalurkan, apakah sesuai dengan campaign dan sampai ke orang yang tepat.

4. Situs Penggalangan Dana

Terakhir, lembaga penggalang dana terpercaya biasanya memiliki situs web untuk mengkampanyekan donasi dan mempublikasikan laporan penyaluran.

Baca juga: 5 Golongan Orang yang Berhak Menerima Sedekah

Misalnya, ABADI memiliki situs web www.amalabadi.org untuk menggalang dana, sekaligus memberikan laporan secara berkala kepada para donatur.

Sahabat tidak perlu ragu lagi untuk mengirim sedekah online, asalkan lembaga penggalang dana terpercaya. Ikuti cara-cara di atas agar terhindar dari penipuan sedekah online. (hfz/amalabadi)

 

Amal Bakti Dunia Islam (ABADI)

Jl. Panji Tilar Negara 150A. Tanjung Karang Kota Mataram-Lombok, Nusa Tenggara Barat

+62878 6455 6406