Bacaan Niat Sedekah Subuh dan Keutamaannya

Bacaan Niat Sedekah Subuh dan Keutamaannya

Rutin mengamalkan sedekah subuh ternyata dapat mendatangkan keutamaan tersendiri. Sebelum melaksanakan amalan ini, ketahui dulu bacaan niat sedekah subuh dan keutamaannya berikut ini.

amalabadi.orgSedekah memang bisa dilakukan kapanpun, tanpa ada batasan waktu. Tapi, ada waktu-waktu tertentu yang lebih utama, salah satunya ketika subuh. Bagaimana sebenarnya keutamaan sedekah subuh dan seperti apa bacaan niatnya?

Baca juga: 5 Cara Sedekah Selain Menggunakan Harta

Keutamaan Sedekah Subuh

Terdapat hadits yang mengatakan bahwa di setiap subuh ada malaikat mendoakan orang yang suka bersedekah.

Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’. Sedangkan yang satunya lagi berdoa, ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya’.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Berdasarkan hadits di ataslah, orang-orang rutin melaksanakan sedekah subuh agar malaikat mendoakan hal-hal yang baik.

Namun, ada pula sumber yang menyebut, hadits tersebut tidak menjelaskan spesifik mengenai sedekah di waktu subuh.

Meski begitu, tidak ada salahnya bersedekah di waktu subuh. Hal ini dilakukan juga oleh Syekh Ali Jaber. Ia menjelaskan tentang keutamaan dan dahsyatnya sedekah subuh.

“Semua waktu sebenarnya baik, tapi saya menemukan sedekah subuh itu yang paling baik, paling dahsyat, yang paling cepat terkabul hajat kita. Kenapa sedekah subuh dahsyat? Karena setiap waktu subuh Allah turunkan malaikat yang tugasnya cuma satu, mendoakan orang yang berinfak di subuh hari,” kata Syekh Ali Jaber dikutip dari YouTube Baznas.

dok.abadi

Bacaan Niat Sedekah Subuh

Mengutip Kitabisa, ada bacaan niat sedekah subuh untuk melengkapi amalan ini.

Nawaitut taqorruban ilallahi ta’ala wattiqoaa ghadhabir rabbi jalla jalaluhu, wattiqoa nari jahannama wattarakhkhuma ‘ala ikhwani wa shilatur rahimi wa mu’awanatadh dlu’afai wa mutaba’atan nabiyyi shallallahu ‘alaihi wa sallama wa idkholas sururi ‘alal ikhwani wa daf’il balai ‘anhu wa ‘an sairil muslimina wal infaqo mimma razaqohullahu wa qohran nafsi wasy syaithoni.

Artinya: Aku niat (bersedekah) untuk mendekatkan diri kepada Allah, menghindari murka Tuhan, menghindari api neraka jahanam, berbelas kasih kepada saudara dan menyambung silaturahmi, membantu orang-orang yang lemah, mengikuti Nabi SAW, memasukkan kebahagiaan pada saudara, menolak turunnya dari mereka dan semua kaum muslimin, menafkahkan rezeki yang diberikan oleh Allah, dan untuk mengalahkan nafsu dan setan.

Setelah bersedekah, kemudian membaca doa;

Rabbana taqabbal minna innaka antas sami’ul alim.”

Artinya: “Ya Tuhan kami, terimalah amalan kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

 

Cara Melaksanakan Sedekah Subuh

Sedekah subuh cukup mudah dilakukan setiap hari. Bahkan, bisa dilakukan dari rumah.

Pertama, untuk laki-laki, masukkanlah sejumlah uang ke kotak amal masjid setiap shalat subuh berjamaah. Bagi perempuan, bisa menitipkannya ke ayah, suami, atau saudara laki-laki.

Baca juga: 5 Contoh Sedekah Jumat yang Mudah Dilakukan

Kedua, jika tidak memungkinkan untuk keluar rumah, kirimkan sedekahmu secara online ketika waktu subuh. Tentunya, pastikan lembaga terpercaya.

Masih banyak cara lain untuk melaksanakan amalan ini secara rutin agar memperoleh keutamaan sedekah subuh seperti yang dijelaskan. Semoga menambah motivasi kita untuk melakukannya. (hfz/amalabadi)

Sumber: Baznas, Kumparan

Yayasan Amal Bakti Dunia Islam

Call Center : 087864556406