5 Contoh Sedekah Jumat yang Mudah Dilakukan

5 Contoh Sedekah Jumat yang Mudah Dilakukan

Ingin pahala berlipat ganda? Lakukan sedekah Jumat secara rutin. Berikut ini contoh sedekah Jumat yang mudah dilakukan.

 

amalabadi.orgSedekah Jumat menjadi salah satu cara untuk memperoleh pahala berlipat ganda. Amalan yang satu ini dapat dilakukan dengan mudah dan tak perlu menunggu banyak uang. Apa saja contoh sedekah Jumat yang mudah dilakukan?

Baca juga: Batasan Harta yang Bisa Diinfaqkan, Seberapa Banyak?

Keutamaan Sedekah Jumat

Allah SWT sangat menyukai orang yang bersedekah. Hal ini tercantum dalam beberapa ayat Al-Qur’an, salah satunya surat Al-Hajj.

Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah), (yaitu) orang-orang yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, orang-orang yang sabar terhadap apa yang menimpa mereka, orang-orang yang mendirikan sembahyang dan orang-orang yang menafkahkan sebagian dari apa yang telah kami beri rezeki kepada mereka.” (QS. Al-Hajj: 34-35).

Sebenarnya, sedekah dapat dilakukan kapanpun, dimanapun, kepada siapapun. Tidak ada jumlah minimal harta yang boleh disedekahkan. 

Namun, ada waktu-waktu tertentu yang mendatangkan pahala sedekah berlipat ganda. Salah satunya adalah hari Jumat

Dalam kitab Al-Umm, Imam Syafi’i meriwayatkan hadits,

Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaian dan aku dengar.’ Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala sedekah dilipatgandakan’.”

Contoh Sedekah Jumat

Sedekah Jumat dapat dilakukan dengan cara yang mudah, bahkan ada cara yang tidak perlu keluar rumah. Berikut contoh sedekah Jumat yang mudah dilakukan.

1. Memberi makanan ke jamaah shalat Jumat

Jika diberi kelapangan, berikan sejumlah makanan kepada jamaah shalat Jumat di masjid. Caranya bisa dengan membagikan langsung atau menitipkannya ke Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) untuk dibagikan.

2. Mengisi kotak amal

Ketika hendak atau selesai shalat Jumat, masukkan uang ke kotak amal masjid. Untuk perempuan, dapat menitipkan uangnya kepada suami, ayah, anak, atau saudara laki-laki.

3. Memberi makanan kepada tetangga

Contoh sedekah Jumat lainnya adalah memasak atau membeli makanan yang lebih dari porsi biasanya untuk dibagikan kepada tetangga. Lebih utama lagi, jika tetangganya memang termasuk golongan fakir atau miskin.

4. Memberi makan anak yatim

Memberi makan kepada anak yatim di hari Jumat juga termasuk dalam sedekah Jumat. Caranya beragam, mulai dari mendatangi rumah anak yatim atau memberikan sembako atau makanan ke panti asuhan.

5. Sedekah online

Terakhir, contoh sedekah Jumat yang paling mudah dilakukan, yaitu sedekah secara online. Dengan cara ini, Sahabat bisa rutin sedekah Jumat tanpa perlu bingung ingin menyalurkan kemana.

Baca juga: Dalil Sedekah Terang-terangan dan Sembunyi, Mana yang Lebih Afdhol?

Sedekah Jumat melalui ABADI misalnya. Tinggal pilih program mana yang ingin dibantu, kemudian transfer sejumlah uang di hari Jumat.

Dengan begini, Sahabat dapat memberikan sedekah Jumat untuk penerima yang berbeda-beda dan menebar manfaat yang luas. (hfz/amalabadi)

Sumber: NU Online

 

Call Center ABADI: 087864556406