Wabah Virus Corona Kembalikan Umat Islam Pada Sunnah

Wabah Virus Corona Kembalikan Umat Islam Pada Sunnah

Tim Medis Menggunakan Alat Pelindung Diri (Foto: Liputan 6) 

Sunnah Nabi Muhammad Saw memang tidak pernah menyesatkan, apalagi membahayakan. Justru sekarang hampir seluruh umat manusia mengamalkannya.

InfoabadiDunia saat ini sedang tidak stabil karena harus menghadapi wabah virus corona yang cukup berbahaya. Virus corona yang kini menjadi epidemi global, ternyata mampu mengembalikan umat Islam kepada sunnah-sunnah yang dititah oleh Nabi Muhammad Saw. Berikut lembaga donasi kemanusiaan, Abadi menyajikan informasi ini untuk anda.

Langkah Pencegahan Dasar dengan Cuci Tangan

Cuci Tangan dengan Sabun Pencegahan Dasar Terhadap Virus Corona (Foto: Tirto) 

Dalam menyikapi wabah virus corona, WHO atau Badan Kesehatan Dunia menyarankan seluruh masyarakat dunia melakukan pencegahan dasar terhadap virus tersebut. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan mencuci tangan sesering mungkin, dan memakai masker bagi yang merasakan tubuhnya tidak sehat.

Sahabat harus tahu, bahwa langkah yang disarankan WHO itu adalah sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Saw sejak abad ke 14.

Dalam penjelasan hadis, Abu Hurairah ra. Meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian bangun dari tidurnya, janganlah dia memasukkan tangannya ke bejana air sebelum membasuhnya sebanyak tiga kali, karena dia tidak tahu di mana tangannya bermalam.”(HR. Muslim)

Baja Juga: Bantu Cukupi Kebutuhan Yatim Al-Quds, Palestina

Selain itu, Dari Abdullah bin Mas’ud ra. Bahwa  Rasul bersabda. “Basuhlah jari-jemari dengan air secara mantap atau api neraka akan membakarnya dengan dahsyat.” (Shahih Targhib Wa At Tarhib no. 218)

Bahkan mencuci tangan dianggap sebagai sebuah fitrah dalam Islam, hal ini sesuai dengan riwayat Sayyidina Aisyah ra. Yang menyatakan bahwa Rasul bersabda, “Sepuluh perkara yang termasuk dari fitrah adalah…, membasuh al barajim (jemari tangan).” (HR. Muslim)

 

Menjaga Pola Hidup Sehat

Ilustrasi Pola Hidup Sehat (Foto: Nusa Bali) 

Selain memembiasakan mencuci tangan sesering mungkin dalam upaya pencegahan virus corona, WHO juga mengumumkan untuk menjaga pola hidup yang sehat agar imunitas tubuh terjaga dengan baik. Nah ajaran ini pun, mengingatkan umat Islam akan pola hidup sehat yang dijalankan oleh Nabi Muhammad Saw.

Di mana, Nabi Muhammad Saw semasa hidupnya hanya mengalami 2 kali sakit, itupun karena diracun oleh wanita Yahudi dan satu lagi menjelang akhir hidupnya. Artinya, beliau itu memiliki tubuh yang sangat sehat dan kuat.

Baca Juga : 3 Objek Fenomenal dari Peristiwa Isra Miraj di Masjid Al-Aqsa

 Semenjak kampanye hidup sehat itu dikeluarkan oleh WHO, hampir seluruh masyarakat di dunia melihat bagaimana pola hidup sehat yang dijalankan oleh Nabi Muhammad Saw. Di antaranya seperti, tidak begadang, makan makanan yang sehat dan bernutrisi, rajin berolahraga, membersihkan tubuh setiap hari, dan tidak bersentuhan kepada yang bukan mahram. Masyaallah.

Sahabat sadar tidak, Islam semakin memberikan bukti bahwa ajarannya itu tidak pernah salah dan sangat bermanfaat semua orang di dunia ini. Yuk tetap jaga sunnah-sunnah Rasul, agar kita bisa hidup dengan baik di dunia dan di akhirat.(izzah/infoabadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *