Relawan Abadi Bangun Masjid Darurat untuk Korban Gempa Lombok

Relawan Abadi Bangun Masjid Darurat untuk Korban Gempa Lombok

Infoabadi.org – Sejumlah bangunan hancur rata dengan tanah akibat guncangan kuat gempa 6,4 SR pada Minggu (5/08) dan sepekan setelahnya, Minggu 7,0 SR (12/8) yang berpusat di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Di antara bangunan yang rusak hingga roboh tidak lagi berbentuk adalah masjid.

Data sementara dari BNPB menjelaskan, sejumlah kerusakan bangunan akibat gemba bumi Lombok. Sekitar 75 persen pemukiman hancur dan rusak. Selain pemukiman, sebanyak 468 sekolah rusak, 6 jembatan rusak, 3 rumah sakit rusak, 10 puskesmas rusak, 20 unit perkantoran rusak, 50 unit mushola rusak dan 15 masjid rusak.

Dusun Batumping Desa Sokong kec. Tanjung Lombok Utara termasuk menjadi desa yang terkena dampak parah akibat gempa. Rumah-rumah desa hancur termasuk masjid an musalah di Desa Sokong. Akibatnya warga tidak dapat melaksanakan ibada sholat dnegan layak.

Relawan Abadi (Amal Bakti Dunia Islam) yang sejak beberapa hari terjadi gempa telah membuat posko di desa tersebut. Setelah pembangunan tenda, dapur umum, dan penanganan korban yang luka-luka dan trauma. Relawan Abadi membangun masjid darurat untuk fasilitas beribadah korban gempa.

Selain menunaikan kewajiban sebagai seorang hamba kepada sang pencipta, beribadah menjadi salah satu sarana ketenangan dan obat bagi korban gempa yang mengalami trauma. (iskan/infoabadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *